Senin, 23 November 2015

"TENTANG SARI BELERANG DAN SUMBER SEHAT GROUP"

"TENTANG SARI BELERANG DAN SUMBER SEHAT GROUP"

Obat Tradisional Sari Belerang merupakan obat untuk mengobati penyakit gatal, obat ini tercipta pada bulan Desember 1989. Pada saat itu belum banyak pihak yang membuat produk untuk penyakit gatal-gatal. Pasar obat Tradisional Sari Belerang mengalami pertumbuhan yang sangat besar. Hal ini terbukti dengan banyaknya dikenal Obat Sari Belerang dan Banyaknya konsumen yang menggunakan obat Sari Belerang.

Pasarnya memang kecil, karena hanya dibutuhkan ketika orang punya penyakit gatal. Namun, Sari Belerang melihat ada celah yang bisa mereka manfaatkan agar kategori ini menjadi besar. Intinya harus ada value added bagi konsumen. Jika masuk ke kategori ini, harus ada manfaat fungsional lain yang dapat mereka tawarkan kepada konsumen.

Dari serangkaian riset yang dilakukan, terungkap bahwa ada banyak manfaat yang inline dengan produk  yang lebih diminati konsumen, yaitu cukup dengan satu obat tetapi banyak penyakit yang dapat diobati. Dari riset juga terungkap bahwa tak sedikit orang yang menggunakan Obat Tradisional Sari Belerang untuk merawat kaki, seperti menghaluskan kaki pecah-pecah. SUMBER SEHAT melihatnya sebagai peluang. Terlebih, saat itu belum ada produk yang secara terang-terangan mengklaim produknya adalah Sari Belerang yang bisa membantu mengobati penyakit gatal, sekaligus menghilangkan kaki pecah-pecah dan kapal.

Berdasarkan data dan fakta tersebut, SUMBER SEHAT masuk ke kategori produk ini. Andalannya tak lain banyak manfaat tambahan tersebut, yaitu untuk penyakit gatal danjuga untuk menghilangkan kaki pecah-pecah dan kapal.

Tetapi, SUMBER SEHAT sangat hati-hati dalam mengemas pesan promosi tersebut. Hal ini tak lain agar konsumen tidak salah persepsi terhadap produk ini. Hal itu dilakukan karena belajar dari pengalaman pemain sejenis: janji yang berlebihan (over promised) bisa berakibat kontraproduktif. SUMBER SEHAT tak ingin “menipu” konsumen. Hal ini terbukti dengan banyaknya konsumen dan masih bertahannya obat Sari Belerang.

Pesan yang disampaikan SUMBER SEHAT ternyata dapat dicerna dengan baik oleh konsumen. Tak hanya awareness merek yang naik, tetapi penjualannya pun melejit dengan cepat. Tahun 2000-2011, penjualan naik hingga 92%. Setelah itu, kenaikannya 60%-63%. Tak mengherankan, Sari Belerang tak butuh waktu terlalu lama untuk duduk sebagai pemimpin pasar di kategori obat gatal. Peningkatan penjualan Sari Belerang yang sangat tinggi itu salah satunya juga dikarenakan persepsi yang berkembang di benak konsumen. Di sebagian masyarakat ada persepsi yang kuat bahwa ini adalah produk multi.

Komunikasi yang dilakukan Sari Belerang mengunakan promosi pengeras suara pada mobil dan mengunakan sales menyebutkan bahwa produknya juga membuka pengobatan gratis di setiap stan-stan penjualan. Tetapi tak hanya aspek komunikasi yang membuat Sari Belerang dapat dengan cepat meroket. Banyak faktor lain yang juga menjadi penunjang keberhasilan produk ini. Di lini distribusi Sari Belerang boleh jadi menang satu langkah dari pemain lama yang saat ini tidak bisa lagsung di nikmati khasiatnya oleh konsumen dengan pengobatan gratis di tempat stan penjualan.



PEMECAHAN MASALAH

Riset Perilaku Konsumen

Soari Belerang melakukan serangkaian riset produk dan konsumen. Hasilnya, terungkap bahwa ada banyak manfaat yang inline dengan produk yang lebih diminati konsumen, yaitu untuk selain untuk mengobati gatal juga digunakan untuk menghaluskan kaki pecah-pecah. Kandungan belerang yang terkandung dalam obat dapat menyembuhkan gatal-gatal pada kulit. Dari sinilah SUMBER SEHAT melihat ada peluang untuk memperbesar pasar, yaitu menggabungkan pasar obat Gatal. Pasar obat Gatal dan penghalus kaki pecah-pecah memang lebih besar dari pada pasar obat gatal panu saja atau penghalus kaki pecah-pecah saja .

Strategi Komunikasi Sari Belerang

SUMBER SEHAT melakukan diferensiasi terhadap produk Sari Belerang yang membedakan produknya dengan lainnya. Kondisi pasar yang relatif kecil dan daur hidup produk di pasar ini yang singkat membuat perusahaan wajib untuk menjadi beda dari yang lainnya.

Diferensiasi yang dilakukan Sari Belerang lebih kepada bentuk diferensiasi citra. Citra Sari Belerang yang sebenarnya lebih kepada obat Gatal dipersepsikan oleh konsumen sebagai obat penghalus kaki pecah-pecah dan kapal. Padahal untuk manfaat sebagai penghalus kaki pecah-pecah atau kapal, tidak diungkap secara terang-terangan oleh Sari Belerang.


Dalam hal promosi, Sari Belerang langsung menggebrak lewat promosi langsung mengunakan pengeras suara kepada konsumen dengan mengunakan sales.
SUMBER SEHAT bersikap hati-hati dalam promosi ini. SUMBER SEHAT menghindari salah persepsi konsumen akan produk ini. SUMBER SEHAT tidak ingin memperkenalkan Sari Belerang sebagai obat untuk menghaluskan kaki pecah-pecah saja, namun tetap sebagai obat gatal dengan manfaat lebih. Hal ini untuk menjaga dari janji yang berlebihan yang bisa berbalik menjadi kontraproduktif.

Intinya, dalam hal memperluas pasarnya, SUMBER SEHAT tidak ingin menipu konsumennya. Sari Belerang belajar dari beberapa pemain yang sebenarnya sudah sempat sukses di pasar, tetapi karena tidak fokus kepada strateginya (dalam hal ini komunikasinya), akhirnya penjualannya turun secara drastis.


REKOMENDASI ALTERNATIF

Dari berbagai strategi yang dilakukan Sari Belerang, dapat disimpulkan bahwa strategi yang dapat betul-betul efektif dalam merebut pasar adalah strategi komunikasinya. Sari Belerang mampu mengetahui kebutuhan tersembunyi konsumen dalam mengunakan obat gatal.

 

Share: